.....WeLcOmE,to BaNgkiT's bLoG..... [please EnJoY]

Minggu, 19 April 2009

Penemu rasi bintang: antara invention dan discovery

Ini salah satu search term dalam google yang membawa seseorang ke blog ini. Penemu rasi bintang. Barangkali orang ini mau tau, siapa sih yang menemukan rasi bintang? Google kemudian menampilkan sekian hasil dan entah bagaimana, mendaratlah orang itu ke blog ini. Barangkali di blog ini ada jawabannya.

Haruskah segala sesuatu ada penemunya? Aneh sekali memang dunia pendidikan kita (mungkin negara lain juga gitu?), segala hal harus punya penemu: Siapa penemu mesin cuci? Siapa penemu komputer? Siapa penemu telepon? Siapa penemu radio? Siapa penemu bola lampu? Siapa penemu teleskop? Siapa penemu Benua Amerika? Hingga… siapa penemu rasi bintang?

Banyak hal yang harus diperjelas sepertinya. Dalam Bahasa Inggris, penemuan bisa diterjemahkan dalam dua kata: invention atau discovery. Dua-duanya diterjemahkan menjadi penemuan, namun maknanya berbeda, kira-kira begini: Invention adalah sesuatu yang belum ada lalu diciptakan sehingga menjadi ada. Contoh kasarnya begini: sebelumnya orang menerangi dunia dengan obor, lalu Thomas Alva Edison bikin bohlam lampu. Ini adalah sebuah invention, dari tidak ada menjadi ada. Kadang-kadang prosesnya tidak semudah kita menunjuk Thomas Alva Edison sebagai penemu bohlam atau Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon (ups! Bahkan posisi kedua orang ini sebagai penemu bohlam/telepon pun masih diperdebatkan), namun sangat rumit apabila barang yang dipertanyakan adalah sesuatu instrumen yang kompleks. Contoh: siapa penemu komputer? Nah lo. Pada zaman renaisans, Blaise Pascal sudah memikirkan mekanisme mesin hitung sederhana. Lalu ada mesin Turing, lalu ada ENIAC, hingga Cray. Tidak ada individu tunggal yang menciptakan komputer, yang ada adalah sebuah progresi modifikasi hingga menjadi komputer pribadi atau komputer super seperti yang kita kenal sekarang ini. Demikian pula dengan bom atom: tidak ada satu individu yang menciptakan bom atom, itu adalah sebuah kerja kolaborasi. Intermezzo: Apakah Al Gore adalah penemu internet? Hahahaha…

Discovery adalah sesuatu yang sudah ada lalu diketahui keberadaannya. Oleh karena itu penemuan Benua Amerika disebut sebagai discovery dan penemuan hukum-hukum alam seperti gravitasi atau relativitas umum juga disebut demikian. Oke, memang ada komplikasi dalam istilah discovery ini karena—agar kita dapat memberikan kredit sepantasnya—kemudian pertanyaannya menjadi: siapa yang pertama kali menemukannya? Dalam kasus Benua Amerika, misalnya, Gavin Menzies bikin klaim bahwa Laksamana Zheng He sudah mendarat di Pantai Barat Amerika pada tahun 1421, 71 tahun sebelum pendaratan Kolumbus (saya tidak akan membahas apakah ini klaim ini punya dasar yang cukup atau tidak. Cukuplah diketahui bahwa klaim Gavin tidak banyak disetujui sejarawan-sejarawan arus utama). Mundur lagi ke belakang, bukankah migrasi masyarakat paleoindian (kebudayaan clovis) via Selat Bering ke Amerika berarti membuat mereka pantas disebut sebagai “penemu” benua Amerika? Nampaklah di sini bahwa pentahbisan Kolumbus sebagai “penemu” benua Amerika adalah penemuan dari sudut pandang “dunia lama” yaitu masyarakat Eropa. Saya tidak akan membahas ini lebih lanjut kecuali mengatakan bahwa dalam kasus semacam ini, discovery seringkali sarat dengan perspektif yang bias pada sudut pandang seseorang. Sebagai contoh, di kalangan masyarakat Amerika Serikat, dirayakan hari Kolumbus untuk mengenang pendaratan Kolumbus. Namun, di banyak negara-negara Amerika Latin justru Kolumbus dianggap sebagai penjahat yang memulai penghancuran kebudayaan mereka. Pada zaman pascakolonialisasi ini, orang mulai tertarik mengkaji perspektif-perspektif non-Barat dan pengkajian-pengkajian baru bermunculan. Jadi bolehlah kita mengatakan bahwa Kolumbus adalah “penemu” benua Amerika, namun dari sudut pandang bangsa Eropa. Kalau mau lebih jauh berdiskusi, bangsa Eropa itu bangsa yang mana? Bagaimana kita mendefinisikan “Eropa”? Nah, sebelum diskusinya menjadi lebih jauh, saya berhentikan di sini.

Dalam ranah sains, kredit terhadap discoverer (penemu) juga bukannya tanpa masalah. Apakah betul Einstein adalah penemu teori relativitas umum? Bukankah ide tentang invariansi besaran-besaran Fisika terhadap transformasi koordinat sudah dipikirkan oleh Hendrik Lorentz? Bukankah prinsip-prinsip relativitas sudah ditemukan terlebih dahulu oleh Henri PoincarĂ©? Lagi-lagi ini menjadi masalah dalam memberikan kredit dan bahkan ahli-ahli sejarah sains juga seringkali masih berdebat tentang siapa yang pertama kali memikirkan relativitas umum yang merupakan sebuah teori geometri tentang gravitasi. Contoh-contoh kasus lain dalam sains masih banyak lagi. Siapakah penemu radiasi CMB? Apakah Arno Penzias dan Robert Wilson yang pertama kali mendeteksinya, ataukah trio George Gamow-Ralph Alpher-Robert Herman yang beberapa dekade sebelumnya telah lebih dahulu memprediksi keberadaannya? Lagi-lagi cukuplah di sini saya mencatat bahwa dalam scientific discovery, ide-ide seseorang seringkali adalah modifikasi dari hasil pemikiran seseorang sehingga kadang-kadang sulit sekali menilai orisinalitas seorang ilmuwan. Yang mana yang asli pemikiran dia, yang mana yang inspirasi, yang mana yang diambil dari pekerjaan orang lain? Ada tambahan lagi: dalam kasus “penemuan” benua Amerika, kita dapat mempertanyakan perspektif. Kini, dalam kasus teori-teori ilmiah, lebih fundamenta lagi kita masih dapat mempertanyakan: apakah hukum-hukum alam adalah sesuatu yang eksis dan menunggu untuk kita ungkap (untuk kita discover), ataukah itu hanya gambaran kita tentang alam yang kemudian punya korelasi dengan apa yang kita amati? Pendek kata, apakah hukum-hukum alam adalah sebuah realitas ataukah itu adalah (hanyalah?) gambaran kita tentang realitas? Tentu saja pertanyaan mengenai hakikat realitas ini tidak akan memiliki jawaban yang sederhana.

Baiklah, sebelum melantur ke mana-mana saya akan akhiri diskusi mengenai “penemuan.” Kata ini cukup ambigu karena dapat bermakna ganda: invention yang berarti menghasilkan sesuatu benda yang belum ada sebelumnya, atau discovery yang berarti menemukan sesuatu yang sebelumnya belum diketahui “keberadaannya.” Ada banyak komplikasi dalam mentahbiskan seseorang atau sesuatu kelompok senagai penemu ini dan itu. Menurut hemat saya, jauh lebih penting untuk mengetahui proses penciptaan/penemuan sesuatu ketimbang secara simplistik menunjuk si A atau si B sebagai “sang penemu.” Mungkin hal ini tidak membantu kita dalam memberikan kredit secara pantas namun paling tidak membuat kita mengetahui cerita keseluruhannya (kalaupun hal tersebut bisa didefinisikan).

Sekarang urusan kedua yaitu soal “penemu rasi bintang.” Siapa yang menemukan rasi bintang? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita telisik dulu: apa sih rasi bintang? Selain taut pada kalimat sebelumnya, pada beberapa posting terdahulu saya juga sudah mendiskusikan tentang hal ihwal rasi bintang. Lumayan lah buat batu pijakan. Satu hal yang perlu diingat: Konstelasi tidak eksis secara fisik, ia hanyalah gambar di langit, hasil imajinasi manusia yang diproyeksikan pada benda-benda langit. Jadi rasi bintang adalah produk budaya, hasil ciptaan masyarakat lampau. Sebagaimana bom atom, komputer, ataupun satelit, di sini tidak ada penemu tunggal.

ANDA pun bisa menjadi penemu [sebuah] rasi bintang. Lihatlah taburan bintang-bintang di langit malam, biarkan imajinasi Anda berkelana, tariklah garis khayal di antara bintang-bintang, dan gambarlah sesuatu dalam imajinasi Anda. Sebagaimana Anda bebas meninggalkan komentar dalam posting blog ini ataupun mengomentari video YouTube terbaru, sehingga melalui internet kita semua terkoneksi dalam satu desa global dan mendorong Majalah Time untuk memilih ANDA sebagai manusia tahun 2006, Anda pun bebas menciptakan rasi bintang Anda sendiri!

Dan jangan salah, kemampuan Anda berkhayal dan menciptakan rasi bintang sendiri juga bisa dipakai untuk merayu-rayu seseorang yang Anda sukai loh. Coba saja simak video di bawah…

[+/-] Selengkapnya...

RASI BINTANG PDF Print E-mail

mway_nightBintang di langit malam yang cerah, kamu tentu pernah melihatnya. Tapi tahukah kamu bahwa bintang-bintang itu memiliki susunan yang khusus? Dan susunan itu telah dikenal sejak dulu kala. Sagitarius, Leo, Scorpio, atau apa nama bintang kamu?

Pernahkah kamu saksikan sendiri gugusan bintang-bintang itu di malam hari? Siapakah yang memberi nama bintang-bintang itu? Kenapa rangkaian bintang-bintang itu diberi nama?

seven%20sistersRasi bintang atau untaian beberapa bintang di langit telah dikenal sejak 4000 tahun sebelum masehi. Saat itu rasi bintang di kaitkan dengan mitologi dewa-dewa dalam kaitannya dengan kepercayaan. Hingga kini Rasi Bintang yang resmi ditetapkan oleh Persatuan Astonomi Internasional berjumlah 88 buah.

orionNama rasi bintang sendiri adalah hasil kesepakatan yang diambil dari nama yang telah ada sebelumnya, misalnya yang diambil dari karya Ptolomeus berjudul ALMAGEST. Nama-nama rasi bintang kebanyakan berdasarkan mitologi Yunani dan Romawi. Sebenarnya tiap daerah tentu punya nama nya sendiri-sendiri, sebagai contoh di Indonesia, bintang terang dalam rangkaian ORION, dikenal sebagai bintang WALUKU.

Rasi bintang juga bergantung di belahan bumi mana kita melihatnya, apa yang kamu lihat pada malam hari di bumi Indonesia ini, akan berbeda dengan apa yang sahabat kamu liat di belahan bumi Eropa sana.

zodiak_signsDari banyak rasi bintang yang ada, terdapat 12 rasi yang dikenal dengan nama ZODIAK. Zodiak ini dikenal oleh bangsa Babilonia sejak abad 2000 SM. Dari zodiak inilah selanjutnya kita mengenal pembagian nama bintang berdasarkan kelahirannya. Dua belas rasi tersebut, adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces. Dan hal ini juga dikaitkan dengan kepercayaan bahwa bintang-bintang itu memberi pengaruh kepada kehidupan manusianya.

Tapi kamu tidak harus percaya, karena Zodiak ini sebenernya hanyalah penamaan 12 rasi dari banyak rasi yang tersebar di angkasa, yang kebetulan dilewati matahari setiap tahunnya.

sextantKarena sejak dulu orang menyadari bahwa kemunculan bintang di langit malam selalu pada saat waktu dan kondisi yang sama, maka mereka menggunakan rasi bintang sebagai alat penunjuk arah dan waktu. Seperti bintang WALUKU yang kita bicarakan tadi, adalah sebagai penanda mulainya masa tanam bagi para petani. Juga bintang Salib (layang-layang) sebagai penunjuk arah selatan, dan bintang Beruang Besar (atau Gayung besar) sebagai penunjuk arah Utara. Para pelaut hingga kini juga masih menggunakan bintang sebagai pemandu arah dan juga untuk menentukan posisi kapalnya, alat yang digunakan pelaut dalam mengamati bintang tersebut adalah sextant.

Ayo, kita kembali bersiap-siap menikmati langit malam yang cerah, amati beberapa rasi bintang yang menunjukkan arah, dan juga mungkin bintang kelahiran kamu.***

(dari berbagai sumber)


[+/-] Selengkapnya...

Planet X Bukan Planet Nibiru

Bagian luar Tata Surya masih memiliki banyak planet-planet minor yang belum ditemukan. Sejak pencarian Planet X dimulai pada awal abad ke 20, kemungkinan akan adanya planet hipotetis yang mengorbit Matahari di balik Sabuk Kuiper telah membakar teori-teori Kiamat dan spekulasi bahwa Planet X sebenarnya merupakan saudara Matahari kita yang telah lama “hilang”.

Tetapi, mengapa kita harus cemas duluan akan Planet X/Teori Kiamat ini? Planet X kan tidak lain hanya merupakan obyek hipotetis yang tidak diketahui?

Teori-teori ini didorong pula dengan adanya ramalan suku Maya akan kiamat dunia pada tahun 2012 (Mayan Prophecy) dan cerita mistis Bangsa Sumeria tentang Planet Nibiru, dan akhirnya kini memanas sebagai “ramalan kiamat” 21 Desember 2012. Namun, bukti-bukti astronomis yang digunakan untuk teori-teori ini benar-benar melenceng.

Pada 18 Juni kemarin, peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya kita telah membuahkan hasil. Dari perhitungan mereka, mungkin saja terdapat sebuah planet yang sedikit lebih besar daripada sebuah objek Plutoid atau planet kerdil, tetapi tentu lebih kecil dari Bumi, yang mengorbit Matahari dengan jarak lebih dari 100 SA. Tetapi, sebelum kita terhanyut pada penemuan ini, planet ini bukan Nibiru, dan bukan pula bukti akan berakhirnya dunia ini pada 2012. Penemuan ini adalah penemuan baru dan merupakan perkembangan yang sangat menarik dalam pencarian planet-planet minor di balik Sabuk Kuiper.

Dalam simulasi teoretis, dua orang peneliti Jepang telah menyimpulkan bahwa bagian paling luar dari Tata Surya kita mungkin mengandung planet yang belum ditemukan. Patryk Lykawa dan Tadashi Mukai dari Universitas Kobe telah mempublikasikan paper mereka dalam Astrophysical Journal. Paper mereka menjelaskan tentang planet minor yang mereka yakini berinteraksi dengan Sabuk Kuiper yang misterius itu.

Kuiper Belt Objects (KBOs)

Sedna, salah satu objek di Sabuk Kuipert. Kredit : NASA
Sedna, salah satu objek di Sabuk Kuipert. Kredit : NASA
Sabuk Kuiper menempati wilayah yang sangat luas di Tata Surya kita, kira-kira 30-50 SA dari Matahari, dan mengandung sejumlah besar objek-objek batuan dan metalik. Objek terbesar yang diketahui adalah planet kerdil (Plutoid) Eris. Telah lama diketahui, Sabuk Kuiper memiliki karakteristik yang aneh, yang mungkin menandakan keberadaan sebuah benda (planet) besar yang mengorbit Matahari dibalik Sabuk Kuiper. Salah satu karakterikstik tersebut adalah yang disebut dengan “Kuiper Cliff” atau Jurang Kuiper yang terdapat pada jarak 50 SA. Ini merupakan akhir dari Sabuk Kuiper yang tiba-tiba, dan sangat sedikit objek Sabuk Kuiper yang telah dapat diamati di balik titik ini. Jurang ini tidak dapat dihubungkan terhadap resonansi orbital dengan planet-planet masif seperti Neptunus, dan tampaknya tidak terjadi kesalahan (error) pengamatan. Banyak ahli astronomi percaya bahwa akhir yang tiba-tiba dalam populasi Sabuk Kuiper tersebut dapat disebabkan oleh planet yang belum ditemukan, yang mungkin sebesar Bumi. Objek inilah yang diyakini Lykawka dan Mukai, dan telah mereka perhitungkan keberadaannya.

Para peneliti Jepang ini memprediksikan sebuah objek besar, yang massanya 30-70 % massa Bumi, mengorbit Matahari pada jarak 100-200 SA. Objek ini mungkin juga dapat membantu menjelaskan mengapa sebagian objek Sabuk Kuiper dan objek Trans-Neptunian (TNO) memiliki beberapa karakteristik orbital yang aneh, contohnya Sedna.

Objek-objek trans Neptunian. Kredit : NASA
Objek-objek trans Neptunian. Kredit : NASA
Sejak ditemukannya Pluto pada tahun 1930, para astronom telah mencari objek lain yang lebih masif, yang dapat menjelaskan gangguan orbital yang diamati pada orbit Neptunus dan Uranus. Pencarian ini dikenal sebagai “Pencarian Planet X”, yang diartikan secara harfiah sebagai “pencarian planet yang belum teridentifikasi”. Pada tahun 1980an gangguan orbital ini dianggap sebagai kesalahan (error) pengamatan. Oleh karena itu, pencarian ilmiah akan Planet X dewasa ini adalah pencarian untuk objek Sabuk Kuiper yang besar, atau pencarian planet minor. Meskipun Planet X mungkin tidak akan sebesar massa Bumi, para peneliti masih akan tetap tertarik untuk mencari objek-objek Kuiper lain, yang mungkin seukuran Plutoid, mungkin juga sedikit lebih besar, tetapi tidak terlalu besar.

“The interesting thing for me is the suggestion of the kinds of very interesting objects that may yet await discovery in the outer solar system. We are still scratching the edges of that region of the solar system, and I expect many surprises await us with the future deeper surveys.” - Mark Sykes, Direktur Planetary Science Institute (PSI) di Arizona.

Planet X Tidaklah Menakutkan
Jadi, dari mana Nibiru ini berasal? Pada tahun 1976, sebuah buku kontroversial berjudul The Twelfth Planet atau Planet Kedua belas ditulis oleh Zecharian Sitchin. Sitchin telah menerjemahkan tulisan-tulisan kuno Sumeria yang berbentuk baji (bentuk tulisan yang diketahui paling kuno). Tulisan berumur 6.000 tahun ini mengungkapkan bahwa ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki dari planet yang disebut Nibiru, mendarat di Bumi. Ringkas cerita, Anunnaki memodifikasi gen primata di Bumi untuk menciptakan homo sapiens sebagai budak mereka.

Ketika Anunnaki meninggalkan Bumi, mereka membiarkan kita memerintah Bumi ini hingga saatnya mereka kembali nanti. Semua ini mungkin tampak sedikit fantastis, dan mungkin juga sedikit terlalu detail jika mengingat semua ini merupakan terjemahan harfiah dari suatu tulisan kuno berusia 6.000 tahun. Pekerjaan Sitchin ini telah diabaikan oleh komunitas ilmiah sebagaimana metode interpretasinya dianggap imajinatif. Meskipun demikian, banyak juga yang mendengar Sitchin, dan meyakini bahwa Nibiru (dengan orbitnya yang sangat eksentrik dalam mengelilingi Matahari) akan kembali, mungkin pada tahun 2012 untuk menyebabkan semua kehancuran dan terror-teror di Bumi ini. Dari “penemuan” astronomis yang meragukan inilah hipotesis Kiamat 2012 Planet X didasarkan. Lalu, bagaimanakah Planet X dianggap sebagai perwujudan dari Nibiru?

Kemudian terdapat juga “penemuan katai coklat di luar Tata Surya kita” dari IRAS pada tahun 1984 dan “pengumuman NASA akan planet bermassa 4-8 massa Bumi yang sedang menuju Bumi” pada tahun 1933. Para pendukung hipotesis kiamat ini bergantung pada penemuan astronomis tersebut, sebagai bukti bahwa Nibiru sebenarnya adalah Planet X yang telah lama dicari para astronom selama abad ini. Tidak hanya itu, dengan memanipulasi fakta-fakta tentang penelitian-penelitian ilmiah, mereka “membuktikan” bahwa Nibiru sedang menuju kita (Bumi), dan pada tahun 2012, benda masif ini akan memasuki bagian dalam Tata Surya kita, menyebabkan gangguan gravitasi.

Dalam pendefinisian yang paling murni, Planet X adalah planet yang belum diketahui, yang mungkin secara teoretis mengorbit Matahari jauh di balik Sabuk Kuiper. Jika penemuan beberapa hari lalu memang akhirnya mengarah pada pengamatan sebuah planet atau Plutoid, maka hal ini akan menjadi penemuan luar biasa yang membantu kita memahami evolusi dan karakteristik misterius bagian luar Tata Surya kita.

Sumber : Universe Today



[+/-] Selengkapnya...

Komputer Zaman Purba




Pada 1901, para penyelam Yunani di perairan pulau Antikythera (dibaca: Andikithira, juga dikenal dengan nama: Cerigotto, Sijiljo atau Stus) menemukan sebuah benda peninggalan dari sebuah puing-puing di dasar laut dengan bentuk seperti sebuah jam beker yang berusia paling tidak 2.000 tahun lalu. Penelitian lebih mendalam kemudian oleh Derek J. De Solla Price, menunjukkan bahwa mekanisme benda ini adalah seperti yang kini digunakan sebagai komputer (mesin hitung) untuk mengukur pergerakan bintang-bintang dan planet-planet.
Dalam Scientific American, De Solla juga mengingatkan kembali tentang penemuan sebuah alat hitung kalender beroda gigi dari kebudayaan Islam abad ke-13 yang tersimpan di Museum Sejarah Iptek, Oxford. Konsep kerjanya seperti yang telah ditulis oleh ahli astronomi, Al Biruni pada 1.000 M. Peralatan yang dibuat oleh peradaban Islam itu lebih sederhana daripada mekanisme Antikythera namun memperlihatkan banyak kesamaan pokok detil teknis yang digunakan diantara keduanya. Dari ini tampaknya peradaban Antikythera seolah-olah telah lenyap dari kita namun muncul dan dipahami oleh orang-orang Arab (Islam). Hingga lalu masuk ke peradaban Eropa pada abad pertengahan menjadi dasar teknologi jam modern?. Mekanis Antikythera ini kini disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani).

sumber : misteridunai1.blogspot.com

[+/-] Selengkapnya...

Krisis Finansial Global dan Dampaknya terhadap Perekonomian Indonesia

Perekonomian dunia saat ini sedang dihadapkan pada keadaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Tingginya ketidakpastian masih menghantui benak para pelaku ekonomi di seluruh dunia. Dalam nuansa seperti inilah, maka Outlook Ekonomi Indonesia (OEI) edisi Januari 2009 ini disusun. Di tengah kondisi yang terus berubah dengan cepat ini, munculnya OEI yang terbit secara berkala ini sangat relevan karena menyajikan gambaran mengenai updated perkiraan ekonomi Indonesia dalam kurun waktu 2009-2014. Lebih penting lagi, proyeksi medium-term yang disajikan secara berkala ini diharapkan dapat membantu pengambil kebijakan dalam melihat arah pergerakan ekonomi Indonesia dalam horison yang lebih panjang dan luas, sehingga tidak terjebak dalam pandangan dan analisis yang sifatnya terlalu parsial dan berspektrum jangka pendek.

Di tengah kondisi perekonomian domestik yang masih dilingkupi oleh ketidakpastian atas besarnya dampak krisis keuangan global, hasil proyeksi dari OEI memberikan nuansa yang optimis, karena perekonomian Indonesia dalam jangka menengah panjang diharapkan mampu tumbuh sebesar 6,0- 7,0% yang dibarengi dengan tekanan inflasi yang cenderung berkurang hingga mencapai 4,0-5,0% pada tahun 2014. Pencapaian yang optimis tersebut tentunya didukung dengan asumsi yang kuat baik kondisi perekonomian domestik maupun kondisi eksternal, termasuk di dalamnya harapan yang besar terhadap keberhasilan implementasi kebijakan pemerintah dalam jangka pendek khususnya dalam penanganan dampak krisis. Keberhasilan ini tentunya akan menjadi pijakan yang kuat sebagai penopang dan penentu implementasi kebijakan pemerintah lainnya yang berspektrum lebih jangka panjang guna mendorong pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. Konsistensi antara kebijakan fiskal dan moneter juga harus terus dijaga agar menumbuhkan ekspektasi pelaku ekonomi yang positif yang pada akhirnya dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Hal lain yang tak kalah penting dari OEI edisi ini adalah disajikannya analisis mengenai krisis keuangan global dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. Di tengah besarnya dampak yang ditimbulkan krisis terhadap perekonomian dunia, timbul pertanyaan penting, apa sebenarnya yang menjadi latar belakang terjadinya krisis. OEI edisi ini mencoba memberikan gambaran mengenai beberapa hal yang merupakan penyebab terjadinya krisis tersebut dan mencoba menakar potensi kedalaman imbas krisis tersebut terhadap perekonomian Indonesia. Disimpulkan bahwa pada akhirnya seberapa besar ketahanan perekonomian domestik terhadap krisis global ini tidak dapat dilepaskan dari karakteristik perekonomian itu sendiri seperti tergambar dari perkembangan berbagai indikator makroekonomi dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun terakhir.

Selain itu, poin penting yang disampaikan dalam IEO edisi ini adalah ditemukannya indikasi karakteristik perekonomian nasional yang mengarah pada domestic-demand led growth. Hal ini diyakini merupakan salah satu penyebab lebih kuatnya daya tahan perekonomian terhadap kejutan eksternal belakangan ini. Temuan ini memberi implikasi kebijakan yang sangat serius karena berdasarkan karakteristik perekonomian yang semacam ini, arah kebijakan ekonomi dengan demikian harus diarahkan untuk tetap menjaga ukuran pasar (market size) dan daya beli masyarakat. Banyak dari kita mungkin akan terkejut, karena strategi export led growth selama ini telah terbukti sebagai resep ampuh di kawasan Asia dan kita sedang berupaya keras untuk menggunakan resep yang sama. Apakah dengan demikian kita harus kembali kepada strategi import substitution yang telah lama kita tinggalkan? Apakah globalisasi tidak akan lagi menjadi jurus andalan untuk mendorong kemajuan negeri? Akan ada banyak pertanyaan atas pilihan strategi kebijakan dasar ini, dan barangkali jawaban untuk berbagai pertanyaan tadi adalah bahwa pilihan atas strategi ini tidak berarti kita harus menomorduakan pilihan strategi kebijakan yang lain. Lebih jauh lagi, sebagai suatu strategi kebijakan dalam jangka panjang, kekuatan permintaan domestik semata tidak akan mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Hanya kekuatan permintaan domestik yang mampu diimbangi oleh sisi produksi (penawaran) yang dapat membawa perekonomian mencapai pertumbuhan tinggi tanpa harus mengorbankan stabilitas harga.



[+/-] Selengkapnya...

Dampak Pemanasan Global


Dampak
Perubahan Iklim bagi Indonesia

Perubahan
iklim pada kenyataannya sangat berdampak terhadap kelangsungan hidup umat manusia.
Dampak ekstrem dari perubahan iklim terutama adalah terjadinya kenaikan temperatur
serta pergeseran musim. Kenaikan temperatur menyebabkan es dan gletser di Kutub
Utara dan Selatan mencair. Peristiwa ini menyebabkan terjadinya pemuaian massa
air laut dan kenaikan permukaan air laut. Berbagai kerugian yang telah dan akan
dirasakan oleh masyarakat Indonesia sebagai akibat dampak perubahan iklim
adalah sebagai berikut:

1.
Kenaikan Temperatur dan Berubahnya Musim

Di Indonesia
sendiri telah terjadi peningkatan suhu udara sebesar 0,3°C sejak tahun 1990.
Sementara di tahun 1998, suhu udara mencapai titik tertinggi, yaitu sekitar 1°C
di atas suhu rata-rata tahun 1961-1990 (M. Hulme, 1999).

Dampak lain
yang diperkirakan terjadi akibat perubahan iklim adalah tak menentunya pola curah
hujan. Di beberapa tempat curah hujan meningkat, yang kemudian akan berdampak
pada terjadinya banjir dan longsor. Sementara di sebagian tempat lain curah
hujan menurun, sehingga berdampak pada terjadinya kekeringan.

2. Naiknya
Permukaan Air Laut

Sebagai
dampak naiknya permukaan air laut, maka banyak pulau-pulau kecil dan daerah
landai di Indonesia akan hilang. Apabila 'skenario' IPCC terjadi, diperkirakan Indonesia
akan kehilangan 2.000 pulau. Hal ini tentunya akan menyebabkan mundurnya garis
pantai di sebagian besar wilayah Indonesia. Akibatnya, bila ditarik garis batas
12 mil laut dari garis pantai, maka sudah tentu luas wilayah Indonesia akan
berkurang.

Masyarakat
nelayan yang bertempat tinggal di sepanjang pantai akan semakin terdesak.
Mereka bahkan kehilangan tempat tinggal serta infrastruktur pendukung yang
telah terbangun. Nelayan juga akan kehilangan mata pencahariannya akibat
berkurangnya jumlah tangkapan ikan. Hal ini disebabkan karena tak menentunya
iklim sehingga menyulitkan mereka untuk melaut. Kenaikan air laut akan
memperburuk kualitas air tanah di perkotaan, karena intrusi atau perembesan air
laut yang kian meluas.

Kenaikan muka
air laut juga akan merusak ekosistem hutan bakau, serta merubah sifat biofisik
dan biokimia di zona pesisir. Adapun daerah-daerah pesisir yang termasuk rawan
akan dampak kenaikan muka air laut antara lain sebagai berikut:

a. Pantai utara Jawa, termasuk kota-kota
besar seperti Jakarta, Semarang

dan Surabaya.
Antara tahun 1925 -1989, kenaikan permukaan air laut telah

terjadi di
Jakarta (4,38 mm/tahun), Semarang (9,27 mm/tahun) dan Surabaya

(5,47
mm/Tahun).

b. Pantai timur Sumatera.

c. Pantai selatan, timur dan barat
Kalimantan.

d. Pantai barat Sulawesi.

e. Daerah rawa di Irian Jaya yang terletak
di pantai barat dan selatan.

Di beberapa
Daerah Aliran Sungai (DAS), akan terjadi perbedaan tingkat air pasang dan surut
yang makin tajam. Akibatnya, kekerapan terjadinya banjir atau kekeringan akan
semakin terasa. Hal ini akan semakin parah apabila daya tampung sungai dan waduk
tidak terpelihara akibat erosi dan sedimentasi.

3.
Dampaknya pada Sektor Perikanan

Pemanasan
global menyebabkan memanasnya air laut, sebesar 2-3°C. Akibatnya, alga yang
merupakan sumber makanan terumbu karang akan mati karena tidak mampu
beradaptasi dengan peningkatan suhu air laut. Hal ini berdampak pada menipisnya
ketersediaan makanan terumbu karang. Akhirnya, terumbu karang pun akan berubah
warna menjadi putih dan mati (coral bleaching).

Peristiwa El
Nino, biasa juga disebut ENSO (El Nino Southern Oscillation) yang terjadi
setiap 2-13 tahun sekali, pada tahun 1997-1998 menyebabkan naiknya suhu air laut
sehingga memicu peristiwa pemutihan karang terluas. Setelah El Nino berlalu,
terumbu karang yang rusak punya kesempatan untuk tumbuh kembali.

Pemutihan
karang menyebabkan punahnya berbagai jenis ikan karang yang bernilai ekonomi
tinggi (contohnya, ikan kerapu macan, kerapu sunu, napoleon dan lainlain) karena
tak ada lagi terumbu karang yang layak untuk dihuni dan berfungsi sebagai
sumber makanan.

Padahal Indonesia mempunyai lebih dari 1.650 jenis ikan karang,
itupun hanya yang terdapat di wilayah Indonesia bagian timur saja belum terhitung
yang berada wilayah lainnya.

Akibat lebih
jauh adalah terjadinya perubahan komposisi ikan di laut Indonesia. Ikan yang
tak tergantung pada terumbu karang akan tumbuh dengan suburnya. Contohnya, ikan
belanak, bandeng, tenggiri dan teri, padahal ikan tersebut mempunyai nilai ekonomis
yg lebih rendah daripada jenis ikan karang.

Tak hanya
itu, memanasnya air laut akan mengganggu kehidupan jenis ikan tertentu yang
sensitif terhadap naiknya suhu. Ini mengakibatkan terjadinya migrasi ikan ke
daerah yang lebih dingin. Akhirnya, Indonesia akan kehilangan beberapa jenis
ikan. Akibatnya, nelayan lokal akan makin
terpuruk karena menurunnya hasil tangkapan ikan.

4.
Dampaknya pada Sektor Kehutanan

Diperkirakan
akan terjadi pergantian beberapa spesies flora dan fauna yang terdapat di dalam
hutan sebagai akibat perubahan iklim. Beberapa spesies akan terancam punah
karena tak mampu beradaptasi. Sebaliknya spesies yang mampu bertahan akan
berkembang tak terkendali (KLH, 1998).

Kebakaran
hutan bersumber pada tiga hal, yaitu kesengajaan manusia, kelalaian manusia dan
karena faktor alam. Kebakaran hutan yang kita bahas pada bagian ini adalah yang
disebabkan oleh faktor alam.

Kebakaran
hutan yang disebabkan oleh faktor alam, umumnya disebabkan oleh terjadinya
peningkatan suhu udara di lingkungan sekitar hutan. Peningkatan suhu yang
terjadi dalam masa yang cukup lama, seperti musim kemarau panjang, mengakibatkan
mudah terbakarnya ranting-ranting atau daundaun akibat gesekan yang ditimbulkan.
Hal ini menyebabkan kebakaran hutan dapat terjadi dalam waktu singkat dimana
api melahap sekian hektar luasan hutan dan berbagai macam keanekaragaman hayati
yang berada di dalamnya. Singkat kata, peningkatan suhu meningkatkan peluang
terjadinya kebakaran hutan. Oleh karena itu perubahan iklim yang berdampak pada
meningkatnya suhu, dipastikan akan meningkatkan potensi kebakaran hutan.

Selain
hilangnya sejumlah kawasan hutan, kebakaran hutan juga menyebabkan hilangnya
berbagai keanekaragaman hayati, terutama yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.
Belum lagi dampak sosial dan kesehatan yang ditimbulkan bagi masyarakat
setempat.

5.
Dampaknya pada Sektor Pertanian

Perubahan
iklim yang berdampak pada tingginya intensitas hujan dalam periode yang pendek
akan menimbulkan banjir yang kemudian menyebabkan produksi padi menurun karena
sawah terendam air.

Curah hujan
yang tinggi akan menyebabkan tanah longsor, akibatnya hasil dari tanaman
dataran tinggi akan menurun. Produksi kacang kedelai misalnya, akan turun
sebanyak 20%, sementara jagung sebanyak 40%, dan padi 2,5% (ADB, 1994).

Perubahan
iklim tak hanya menyebabkan banjir tetapi juga kekeringan. Sebagaimana halnya
banjir, kekeringan membawa kerugian yang serupa pada sektor pertanian.

Ditambah
dengan peristiwa El Nino dan La Nina kondisi ketersediaan pangan di Indonesia
akan semakin buruk.

6.
Dampaknya pada Sektor Kesehatan

Naiknya suhu
udara yang menyebabkan masa inkubasi nyamuk semakin pendek. Dampaknya, nyamuk
malaria dan demam berdarah akan berkembangbiak lebih cepat.

Balita,
anak-anak dan usia lanjut sangat rentan terhadap perubahan iklim. Terbukti
tingginya angka kematian yang disebabkan oleh malaria sebesar 1-3 juta
pertahun, dimana 80% nya adalah balita dan anak-anak (WHO, 1997).

Selain itu,
kebakaran hutan juga menghasilkan kualitas udara yang buruk dan menurunkan derajat
kesehatan penduduk di sekitar lokasi.

Intensitas
hujan yang tinggi dengan periode yang singkat akan menyebabkan bencana banjir.
Jika terjadi banjir maka akan mengkontaminasi persediaan air bersih. Pada akhirnya
perubahan iklim juga berdampak pada mewabahnya penyakit seperti diare dan
leptospirosis yang biasanya muncul pasca banjir.

Sementara
kemarau panjang juga berdampak pada timbulnya krisis air bersih. Sehingga juga
berdampak pada wabah penyakit diare dan juga penyakit kulit.

7. Dampak
Sosial dan Ekonomi

Tahun 2000,
Indonesia telah mengalami 33 kejadian banjir, kebakaran hutan, kemarau, dan 6
bencana angin topan. Itu semua telah membawa kerugian sebesar $150 milyar dan
690 nyawa hilang (Kompas, 7 Maret 2001). Sementara dunia sendiri mengalami
kerugian sebesar $300 milyar tiap tahunnya akibat dampak perubahan iklim (UNEP,
2001).

Kerugian yang
akan dialami Indonesia jika terjadi kenaikan muka air laut setinggi 60 cm
adalah sebesar $11.307 juta pertahunnya. Kerugian itu terdiri dari menyusutnya
lahan persawahan, sawah pasang surut dan perkebunan, tambak ikan, bangunan dan
hutan bakau (Rozari, 1992).

Sementara
kerugian Indonesia di sektor pertanian akibat perubahan iklim diperkirakan
sebesar 23 milyar rupiah per tahunnya. Sementara sektor pariwisata akan
mengalami kerugian sebesar 4 milyar rupiah per tahun (ALGAS, 1997). Berdasarkan
sumber yang sama, perbaikan infrastruktur pesisir akan memerlukan dana 42
milyar rupiah setiap tahunnya. Di sektor
kehutanan, Indonesia mengalami kerugian akibat kebakaran hutan sebesar 5,96
trilyun rupiah atau 70% dari Pendapatan Domestik Bruto sektor kehutanan (KLH,
1998). Hal tersebut terdiri atas hilangnya persediaan air, gangguan hidrologi, pengendalian
erosi, siklus hara, penguraian limbah, hilangnya penyerapan karbon, hilangnya
keanekaragaman hayati dan lain-lain.

Kebakaran
hutan tahun 1997, telah menghabiskan biaya kesehatan lebih dari 1,2 trilyun
rupiah termasuk 2,5 juta hari kerja yang hilang (KLH, 1998). Sementara total kerugian
ekonomi akibat kebakaran hutan dan lahan pada tahun 1997-1998 diperkirakan
mencapai US$ 9,3 milyar (Bappenas, 2000).

Selain
kerugian secara finansial, kebakaran hutan juga memberikan dampak sosial terhadap masyarakat setempat. Hilangnya
mata pencaharian, rasa keamanan dan keharmonisan merupakan derita yang harus
ditanggung oleh penduduk setempat (KLH, 1998).



[+/-] Selengkapnya...

TES & TEKNOLOGI Hotspot - Membuat Wi-Fi Hotspot Print E-mail

Anda sudah memiliki tempat usaha seperti cafe, restoran, atau tempat umum lain? Mengapa tidak memberikan akses Wi-Fi untuk para pengunjung tempat Anda?
Image
Hotspot atau tempat yang menyediakan layanan akses Internet dengan menggunakan wireless memang sudah sangat banyak. Mulai dari cafe, restoran, sampai hotel pada umumnya menyediakan layanan Internet tanpa kabel ini. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi wireless, sehingga tren penggunaannya pun semakin tinggi.


Sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara membangun infrastruktur Wi-Fi. Kurangnya informasi dan mungkin harga yang agak mahal membuat banyak pemilik tempat usaha enggan untuk membangun hotspot. Padahal, adanya hotspot ini sangat berpotensi untuk menambah daya tarik dan juga bisa menambah penghasilan dari tempat itu sendiri.

Artikel ini akan membahas hal-hal penting yang perlu Anda ketahui untuk menyediakan layanan hotspot. Hal yang dibahas memang relatif sederhana sehingga bisa diikuti oleh pemula sekalipun (asalkan sudah memiliki dasar-dasar jaringan). Di akhir artikel, CHIP juga akan membahas salah satu alat yang cukup praktis untuk digunakan sebagai hotspot gateway.

1. Tentukan konsep hotspot Anda
Konsep hotspot ini merupakan awal yang sangat penting untuk Anda tentukan. Apakah hotspot Anda nantinya akan dapat digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu? Anda harus menentukan hal dasar ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencaaan infrastruktur hotspot itu sendiri.

Alternatif yang biasa dipilih adalah memberikan waktu trial khusus secara gratis selama beberapa waktu (satu atau dua bulan pertama). Selanjutnya, pengunjung harus membayar atau membeli voucher sebelum bisa mengakses hotspot Anda. Kadang kala, ada beberapa tempat yang memang sengaja memberikan layanan Wi-Fi hotspot secara gratis. Namun, Anda harus berbelanja (atau memesan makanan) selama mengakses hotspot tersebut.

2. Akses Internet yang cukup cepat

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah akses Internet. Akses Internet ini pada umumnya menggunakan layanan broadband dengan kecepatan yang cukup tinggi (128 Kbps atau lebih), tergantung target jumlah pengunjung yang akan mengakses layanan hotspot ini.

3. Membuat hotspot tanpa billing
Bagian ini akan membahas singkat mengenai cara pembuatan hotspot gratis (tanpa sistem billing tertentu).

Secara umum, sistem hotspot gratisan tidaklah berbeda jauh dengan sistem Wi-Fi di rumah yang saat ini mulai banyak digunakan. Anda hanya perlu beberapa alat untuk membuat jaringan seperti ini.

Alat pertama yang harus Anda miliki tentunya adalah modem. Modem ini harus disesuaikan dengan jenis koneksi Internet yang Anda gunakan (ADSL, Cable, dan lainnya).

Selanjutnya, Anda juga harus memiliki sebuah router yang akan berfungsi sebagai gateway. Router inilah yang akan mengatur semua koneksi dari client ke Internet. Sebaiknya, Anda membeli router yang telah dilengkapi dengan fungsi Access Point terintegrasi. Jika Anda membeli router yang tidak memiliki fungsi Access Point, maka Anda juga harus membeli Access Point terpisah.
Image
Sistem tanpa billing/voucher: Infrastruktur hotspot tanpa billing/voucher sangat mirip dengan jaringan Wi-Fi yang biasa ditemukan di rumah atau kantor kecil. Anda hanya perlu modem broadband dan router.
4. Membuat hotspot dengan billing
Membuat hotspot dengan billing memang lebih rumit dibandingkan dengan tanpa billing. Sistem yang umum digunakan adalah dengan menggunakan voucher generator yang secara otomatis akan dibuat oleh sistem. Hampir semua vendor wireless besar sudah memiliki sistem ini.

Sistem ini umumnya bisa bekerja secara independen. Ia memiliki fungsi router/gateway dan juga Access Point (Anda tetap harus membeli modem). Sistem billing dan voucher generator-nya telah terintegrasi. Biasanya, ia juga memiliki keypad (untuk menentukan jumlah voucher yang dibeli) dan printer (untuk mencetak voucher). Sistem ini hanya perlu dikonfigurasi saat awal via PC, selanjutnya semua operasi sistem bisa bekerja secara independen. PC hanya dibutuhkan untuk melakukan perubahan konfigurasi saja.
5. Konfigurasi akses Internet
Infrastruktur jaringan yang harus dibuat pada dasarnya cukup sederhana. Dasarnya, untuk koneksi ke Internet akan dibutuhkan modem. Dari modem, koneksi akan dimasukkan ke router atau gateway. Selanjutnya, dari router koneksi baru dibagi ke client via koneksi kabel ataupun wireless (via Access Point).

Hampir semua alat sejenis bisa dikonfigurasi via jaringan dari PC client। Syarat utamanya adalah IP dari client harus satu segmen dengan IP dari perangkat yang ingin dikonfigurasi. Anda bisa mencari informasi ini di buku manual perangkat Anda.
Proses konfigurasi awal yang biasanya harus dilakukan adalah melakukan koneksi ke Internet via modem. Salah satu port pada router (port WAN) biasanya harus dihubungkan ke modem. Selanjutnya, proses konfigurasi biasanya dilakukan via interface web based yang disediakan oleh router Anda.
6. Masalah DHCP server
Setelah jaringan sukses terkoneksi, maka Anda harus mengaktifkan DHCP server. DHCP server ini berguna untuk memberikan IP secara otomatis kepada setiap user. Cara ini memudahkan pengunjung untuk mengakses hotspot Anda (khususnya untuk sistem free tanpa login). Namun, cara ini bisa juga memberikan lubang keamanan karena Anda lebih sulit untuk mengendalikan pengunjung yang mengakses hotspot.

Menurut CHIP, jalan terbaik sebenarnya tergantung Anda sendiri. Untuk Anda yang menerapkan sistem free (tanpa voucher), tidak mau repot dengan pengaturan IP, dan tidak keberatan hotspot diakses oleh banyak orang, maka mengaktifkan DHCP adalah jalan terbaik. Batasi jumlah client yang akan diberikan IP oleh DHCP (misal 10 client). Dengan begitu, jumlah pengunjung yang bisa mendapatkan IP hanya maksimal 10 client saja.

Jika Anda mau lebih selektif, maka DHCP boleh dinonaktifkan. Setiap user yang akan mengakses hotspot harus terlebih dahulu meminta informasi alamat IP dari Anda selaku pemilik hotspot.
Image
Voucher: Beginilah kira-kira tampilan voucher yang dicetak oleh printer untuk digunakan oleh pengunjung.


Bagi Anda yang menerapkan sistem login/voucher, maka DHCP server boleh diaktifkan. Soalnya, user tidak akan bisa mengakses Internet tanpa username dan password yang benar dari voucher, walaupun ia telah mendapatkan IP dari DHCP server.

7. Memantau statistik user

Hal ini hanya perlu dilakukan oleh Anda yang menggunakan sistem login. Masuklah ke router dan cari menu “Account Table” atau sejenisnya. Di sana, Anda bisa menemukan username dan password yang di-generate oleh sistem.
Image
Pengawasan: Perhatikan statistik user yang mengakses hotspot Anda. User yang mencurigakan bisa dicari dan dibuang dari daftar.


Informasi yang lebih detail seperti lama login, sisa waktu login, dan jumlah uang yang dibayarkan juga bisa dilihat. Pastikan saja bahwa tidak ada kejanggalan di sini. Setiap kejanggalan sebaiknya segera diperiksa lebih detail.
8. Enkripsi yang tepat
Jaringan wireless tanpa enkripsi sangatlah tidak aman. Oleh sebab itu, aktifkan fungsi enkripsi setidaknya WEP 64 atau 128 bit. Perlu diperhatikan bahwa dengan aktifnya enkripsi maka proses zero configuration akan sulit untuk dilakukan. User harus memasukkan enkripsi yang sesuai sebelum bisa login ke dalam hotspot.

9. Client yang ingin mengakses

Tidak semua client memiliki kepandaian yang setara. Apalagi untuk kawasan hotspot yang tidak zero config (membutuhkan pengaturan/konfigurasi tambahan). Oleh karena itu, Anda selaku pemilik hotspot harus bisa menyediakan informasi yang jelas agar user bisa login dengan mudah.

Beberapa konfigurasi pengaturan seperti alamat IP (untuk hotspot tanpa DHCP server), metode enkripsi, sampai pemilihan Access Point (untuk area yang memiliki beberapa hotspot), harus diinformasikan dengan jelas kepada calon pengguna। Setidaknya, Anda menyediakan satu atau dua petugas yang mengerti teknis konfigurasi client hotspot. Konsumen yang kecewa dapat dengan mudah meninggalkan tempat Anda dan mencari hotspot lain yang lebih informatif.
KNOW HOW
Walled Garden: Alamat web yang dapat diakses secara gratis tanpa perlu menggunakan login yang biasanya tersedia pada voucher. Anda bisa menentukan beberapa alamat web yang bisa diakses secara gratis tanpa perlu login. Tujuannya adalah agar calon pengguna bisa mencoba kecepatan akses hotspot Anda terlebih dahulu.

Landing Page: Halaman depan sebuah Hotspot. Hotspot yang baik seharusnya dikonfigurasi agar menampilkan halaman ini secara otomatis jika terjadi kesalahan login atau login tidak dikenal. Halaman ini merupakan halaman awal yang muncul sebelum menggunakan hotspot.

Voucher: Kartu yang berisi data login dan informasi konfigurasi jaringan untuk mengakses Internet dalam jangka waktu tertentu.
SMCWHSG44-G dan SMCWHS-POS
»Bangun Hotspot dalam Sekejap

Membangun hotspot memang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Beberapa produsen tampaknya telah memikirkan hal tersebut. Mereka menyediakan solusi out-of-the-box untuk Anda yang ingin membuat hotspot. Solusi out-of-the-box ini berarti Anda hanya perlu menyediakan koneksi Internet dan melakukan sedikit konfigurasi. Selanjutnya, alat ini akan mengatur semuanya. Anda hanya perlu memberikan voucher kepada calon pengguna. Voucher ini akan dibuat secara otomatis oleh mesin gateway tersebut.

Hotspot gateway dari SMC
CHIP kebetulan mendapatkan pinjaman seperangkat hotspot gateway dari SMC. Hotspot gateway tersebut terdiri dari dua alat, yaitu SMC EliteConnect SMCWHSG44-G (broadband router dengan fungsi hotspot) dan SMCWHS-POS (POS printer untuk mencetak voucher). Anda juga akan mendapatkan sebuah keypad numerik yang nantinya digunakan untuk memasukkan nilai voucher yang ingin dicetak berdasarkan lama online.

Kedua perangkat tersebut bisa bekerja tanpa membutuhkan peralatan tambahan lain. Namun, proses konfigurasi awal membutuhkan PC yang terkoneksi ke perangkat SMCWHSG44-G. Setelah proses konfigurasi selesai, perangkat ini bisa bekerja secara mandiri.

Instalasi relatif mudah
Proses instalasi awal memang agak sedikit membingungkan. Anda akan memperoleh sebuah router, POS printer, dan numeric keypad. Interkoneksi antar ketiga modul ini juga tampak sedikit rumit. Namun, SMC tampaknya sudah mengantisipasi hal ini. Sebuah diagram yang lengkap disediakan dalam buku manual SMC. Dengan adanya diagram ini, proses instalasi kabel antarperangkat bisa dilakukan dengan sangat mudah.
Image
Load balancing: Anda bisa menggunakan sampai dengan empat buah koneksi Internet pada router SMC ini.


Setelah selesai melakukan instalasi kabel, proses selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi router. CHIP menggunakan sebuah PC yang terhubung langsung ke port pada router. Setelah menyamakan segmen IP, maka proses konfigurasi bisa dilakukan dengan mudah. Seperti juga kebanyakan perangkat sejenis, SMC menyediakan pengaturan berbasiskan web based management. Artinya, Anda bisa melakukan pengaturan dengan mudah menggunakan browser.

Pengaturan menjadi kunci
Proses pengaturan akan memegang peranan penting. Tanpa proses pengaturan yang benar, bisa jadi hotspot Anda tidak bekerja maksimal.

Pengaturan pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur konfigurasi Internet. SMC mendukung penggunaan gateway sampai dengan empat buah jalur koneksi (router ini menyediakan total lima port switch). Anda bisa memilih untuk menggunakan satu sampai empat buah gateway yang mendukung fungsi load balancing (berdasarkan port maupun alamat IP).

Pengaturan lanjutan yang juga harus Anda lakukan adalah pengaturan keamanan. Anda harus mengatur enkripsi login dan enkripsi untuk koneksi (WEP atau WPA).
Image
Praktis: Dengan menggunakan satu paket dari SMC ini, hotspot gateway Anda bisa dibuat dalam waktu singkat. Ia tidak membutuhkan bantuan perangkat lain lagi untuk bisa menyediakan layanan hotspot.


Pengaturan terakhir adalah untuk menentukan harga sewa dari hotspot Anda. Harga sewa ditentukan per unit. Sementara itu, setiap unit memiliki durasi waktu tertentu. Semuanya bisa diatur dari interface web router ini.

Setelah proses konfigurasi selesai, maka sistem akan otomatis meminta Anda untuk melakukan restart router. Klik tombol “Restart” dan tunggu sekitar 10 detik sampai sistem menampilkan kembali layar login.

Tahap uji coba

Setelah semua proses konfigurasi selesai, maka Anda sudah siap untuk mencoba hotspot Anda। Cara mencetak voucher sebenarnya sederhana saja. Anda hanya perlu mengetikkan jumlah unit pada keypad numerik yang disediakan. Misalkan, Anda mengetikkan angka “0”, “2”, dan “Enter”, maka voucher akan dicetak dengan nominal dua unit. Waktu per unitnya merupakan waktu yang telah Anda tentukan sebelumnya. Nominal harga per unit yang tercetak juga sudah ditentukan oleh Anda dalam pengaturan sebelumnya. Sebagai tambahan, alat ini juga akan mencetak konfigurasi jaringan yang harus diatur oleh calon pengguna pada notebook/PDA-nya.



[+/-] Selengkapnya...

Rabu, 15 April 2009

Pengertian & Komponen-komponen Komputer

Pengertian Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut:


1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.

Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :

· PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

· RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.

· EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.

· EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.





Komponen-Komponen Komputer

Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;

1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.

2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa

pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;

o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.

o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

o High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.

3. Brainware (User),

User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

[+/-] Selengkapnya...


Tips Mengatasi Virus dan Worm yang Mengganas

1. Selalu lakukan Scan terhadap disket yang masuk ke dalam PC Anda.
Meski nampaknya sepele, tapi hal kecil ini akan membantu melindungi komputer Anda dari virus yang ditularkan melalui perilaku tukar menukar disket. Jika sebuah PC terinfeksi oleh virus, maka disket yang dimasukkan kedalamnya, kemungkinan besar akan terinfeksi juga. karena itu, jangan sembarangan membuka disket milik teman pada komputer Anda, sebelum disket itu lolos seleksi scandisk.


2. Scan juga CD yang masuk kedalam CD drive Anda.
Meski tampaknya lebih eksklusif dan aman, tetapi CD ternyata juga memiliki potensi yang sama seperti disket, dalam menularkan virus. Karena itu, jangan lengah! Tetap lakukan scan terhadap sebuah CD yang akan dipasang pada komputer Anda, sekalipun CD itu baru saja dibeli dari toko.

3. Lakukan scan terhadap harddisk Anda, tiap kali Anda akan mulai bekerja dengannya.
Sebagaimana balita yang selalu diperiksa kesehatannya, PC Anda juga harus selalu dipantau apakah masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus. Lagipula dengan melakukan scan terhadap harddisk sebelum memulai suatu pekerjaan, Anda mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan oleh virus selama proses kerja Anda. Selain itu, juga memperkecil peluang terjadinya kerusakan pada file Anda.

4. Proteksi disket Anda, jika Anda memasukkannya ke dalam PC orang lain.
Seperti telah disebutkan diatas, jika Anda terpaksa harus memasukkan disket milik Anda ke dalam komputer orang lain, maka disket Anda perlu diproteksi terlebih dahulu. Konsekuensinya, Anda tidak dapat melakukan perubahan terhadap file yang tersimpan dalam disket tersebut.

5. Jangan sembarangan men-download attachment.
Dewasa ini banyak jenis worm yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment e-mail. Misalnya worm Miss world. karena itu Anda jangan sembarang membuka attachment jika alamat pengirim tidak Anda kenal.


6. Selektif dalam membuka e-mail.
Begitu juga hukum yang berlaku dalam membuka e-mail. sejumlah virus dan worm menduplikasi dirinya dan mengirimkan copy tersebut pada seluruh alamat e-mail yang tertera pada address book Microsoft Outlook Express komputer yang diserangnya. Dengan demikian, si calon korban tidak akan menaruh kecurigaan dan dengan segera akan membuka e-mail beracun tersebut.


7. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer Anda.
Terkadang, orang yang masih awam dibidang komputer, merasa sudah aman jika sudah memasang program Norton atau MacAffee. Anda salah! Program antivirus itu memiliki masa kadaluarsa juga seperti makanan kaleng. Karena itu, Anda harus selalu meng-update program antivirus Anda. karena program antivirus yang sudah expired, tidak akan punya gigi lagi untuk menahan serangan virus pada komputer Anda.

8. Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang virus.
Selain memiliki masa kadaluarsa, program antivirus ini juga selalu mengalami update sehubungan dengan virus-virus baru yang terus di-release. Para ahli terus menerus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang juga berlomba-lomba menciptakan virus yang lebih ganas dari hari ke hari.


9. Men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam sistem komputer Anda.
Sebagaimana diketahui, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah di dalam software itu. demikian juga halnya yang terjadi dengan aplikasi Microsoft Outlook Express. Karena itu, dengan men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam sistem komputer Anda, berarti Anda telah menanggulangi bug yang ada pada program ini.


10. Menonaktifkan Windows Scripting Host.
Sebagaimana diketahui, banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan visual basic scripting di bawah sistem windows. Untuk memperkecil serangan, Anda sebaiknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua virus berbahasa VBS dapat ditahan dengan menonaktifkan program ini

[+/-] Selengkapnya...